efek

kursor gerak

Selasa, 31 Agustus 2010

GAMBARAN MASA DEPAN SEPAK BOLA INDONESIA MENGHADAPI FIFA

Gambaran Sepakbola Indonesia Masa Depan


28 November 2009 No Comment

Peta sepakbola Indonesia saat ini dan beberapa tahun mendatang sedikit banyak telah tergambar dari beberapa pertandingan yang telah dilakukan oleh timnas sepakbola Indonesia di bulan ini. Seperti sudah banyak diberitakan bahwa ada dua buah event tingkat asia dan sebuah ujicoba yang dilakukan oleh timnas baik senior hingga yunior bulan November ini.



Secara kualitas hasil yang didapat tentu banyak pencinta sepakbola yang berbeda pendapat, namun yang pasti adalah tersingkirnya tim u-19 dari persaingan menuju Piala Asia U-19. Kekalahan 1-3 di kandang sendiri dari tim serumpun yang selama ini sulit mengalahkan Indonesia, Malaysia, yang dialami oleh timnas u-23 dan semakin sempitnya jalan menuju Piala Asia 2011 dimana selama 4 pagelaran Piala Asia terakhir sebelumnya timnas senior selalu mampu mencapai putaran final, setelah hanya meraih tiga poin dari empat pertandingan.



Memang timnas u-19 yang berlatih di Uruguay menunjukkan sebuah harapan dalam tiga pertandingan terakhir mereka saat melawan China Taipei, Australia dan Hongkong. Setidaknya masyarakat Indonesia terhibur dengan aksi pantang menyerah dan determinasi tinggi yang mereka tunjukkan, tapi faktor kecerdasan dan ketenangan bermain di samping stamina yang harus tetap dijaga adalah pekerjaan rumah bagi para pelatih dan manajemen tim u-19 Indonesia.



Masih Menanti Prestasi



Inilah realita yang harus dihadapi masyarakat pencinta sepakbola Indonesia terhadap prestasi tim sepakbola Indonesia. Nampaknya kita masih harus menunggu dalam beberapa tahun lagi agar dapat melihat sepakbola Indonesia berprestasi, bahkan di tingkat Asia Tenggara sekalipun.



Sepakbola Indonesia memang masih mempunyai peluang untuk menorehkan prestasi dalam Sea Games XXV di Laos, Desember nanti. Namun dengan beberapa persiapan dan ujicoba yang sudah digelar, timnas u-23 Indonesia belum meyakinkan, bahkan pelatih Alberto Bica pun merasa cukup hanya menjadi peringkat kelima atau setidaknya semifinal sebagai target paling realistis.



Sebuah ironi sepakbola bagi bangsa Indonesia, karena Indonesia merupakan sebuah negara dengan luas dan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara. Untuk menjadi yang terkuat di level regional pun kita masih harus mengakui bahwa Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia bahkan mungkin Myanmar lebih kuat dari tim sepakbola Indonesia.



Agenda Sepakbola Indonesia 2010



Pada tahun 2010 nanti, timnas senior Indonesia masih menyisakan dua pertandingan kualifikasi Piala Asia 2011, pada tahun 2010, untuk menentukan apakah timnas senior Indonesia mampu lolos ke putaran final Piala Asia. Indonesia akan melawan Oman di Jakarta pada tanggal 6 Januari 2010, dan menghadapi Australia di Suncorp Stadium, Queensland, Australia pada tanggal 3 Maret 2010.



Selain pra Piala Asia 2011, tim senior sepakbola Indonesia akan menghadapi turnamen Piala AFF pada tahun 2010, dengan menjadi tuan rumah bersama Vietnam. Indonesia yang belum pernah menjuarai turnamen sepakbola antar negara se-Asia Tenggara ini akan kembali mendapat tantangan. Apakah mungkin di kandang sendiri, Indonesia mampu menjuarai turnamen yang dulu diberi nama Piala Tiger ini untuk pertama kalinya?



Sedangkan di level junior, pada tahun depan, Indonesia memastikan tiket ke putaran final Piala Asia U-16. Harapan kita tentunya bukan hanya hasil terbaik yang dapat dicapai oleh tim u-16, namun juga peningkatan level permainan sehingga mampu menjadi tim sepakbola yang handal di masa depan. Jangan lupa pula pada Desember 2010 nanti, siapa tuan rumah Piala Dunia 2022 akan diumumkan. Mampukah Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 akan dapat dibuktikan nanti. Kita tunggu!



Posted In: Opini Sepakbola


Tags: agenda sepakbola 2010, Hasil Pertandingan, prestasi, sepakbola Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar